5 Tahap Penulisan Laporan Dalam Bahasa Inggris

August 19, 2020 By

Penulisan Laporan Dalam Bahasa Inggris

Ada banyak jenis laporan; akademis, bisnis, teknis; dan fungsinya pun bermacam-macam seperti untuk menganalisa suatu progress, memberikan informasi mengenai data, maupun memberikan rekomendasi berdasarkan riset. Pada akhirnya, tujuan laporan adalah menyampaikan pengamatan kepada pembaca dengan jelas dan ringkas. Jadi walaupun kontennya dapat berbeda-beda, format penulisan laporan dalam bahasa Inggris akan memiliki beberapa tahapan ini:

 

Tahap 1 – Menulis Summary

 

Summary atau ringkasan terdiri dari poin-poin utama, kesimpulan, dan rekomendasi. Ini harus singkat, karena ini adalah gambaran umum dari laporan tersebut. Beberapa orang tidak akan membaca keseluruhan laporan atau hanya akan membaca secara sepintas, dan fokus mereka akan menuju ke bagian summary jadi pastikan kamu menyertakan semua informasi yang relevan. Akan lebih baik untuk menulis ini ketika laporan selesai sehingga kamu tidak lupa untuk memasukkan semua poin-poin penting.

 

Ini beberapa contoh kalimat yang dapat kamu gunakan dalam penulisan summary untuk menyatakan kapan suatu proyek dilakukan, apa tujuannya, fase-fasenya, data penemuannya dan rekomendasi berdasarkan data yang telah didapatkan:

 

Between August 2019 until December 2019, we initiated a project to develop…
The phases of the project consisted of… 1st… 2nd… 3rd…
The key findings are… 1… 2… 3….
By utilizing all the data provided, we recommend…

 

Tahap 2 – Introduction

 

Introduction atau pendahuluan akan menjelaskan masalah yang dihadapi dan mengapa laporan dibuat. Kamu perlu memberikan definisi istilah-istilah teknis atau jargon yang akan kamu gunakan dalam laporan dan menjelaskan bagaimana rincian laporan disusun.

 

Ini beberapa contoh kalimat yang dapat kamu gunakan dalam penulisan introduction untuk menyatakan mengapa laporan dibuat, bagaimana akan dilakukan, dan penjelasan mengenai jargons.

Our goal in this report is to….
This report examines the issues that arose…
To accomplish our goal, we will be utilizing several tools: 1… 2… 3…
The definition of … is….

 

Tahap 3 – Body

 

Body atau badan adalah bagian utama dari laporan. Bagian lain dari laporan harus ditulis dalam bahasa Inggris yang sederhana, tetapi di bagian ini kamu dapat menyertakan istilah teknis dari industri kamu. Karena ada beberapa bagian, masing-masing sebaiknya diberi label dengan jelas, sehingga memudahkan pembaca untuk menemukan informasi yang dicari. Informasi dalam sebuah laporan biasanya diatur menurut kepentingannya dimana informasi terpenting ditulis terlebih dulu. Kamu juga dapat memilih untuk mengurutkan poin kamu berdasarkan urutan waktu. Pastikan ketika kamu menulis bagian utama dari laporan ini untuk membedakan fakta dan opini.

 

Ini beberapa contoh kalimat untuk menyatakan fakta:

 

The number shows…
Based on this data,…
The figure illustrates…
By December 2019, we generated a revenue of…

 

Ini beberapa contoh kalimat untuk menyatakan opini:

 

Personally, I believe that….   
I consider…
I am certain that…
I have no doubt that….       
             

 

Tahap 4 – Conclusion

 

Conclusion atau kesimpulan adalah dimana semuanya bersatu. Kalau kamu bingung bedanya kesimpulan dan ringkasan, kesimpulan adalah akhir dari laporan sementara ringkasan menyatakan kembali tentang keseluruhan laporan, termasuk kesimpulannya. Tujuan utama ringkasan adalah meringkas poin-poin utama sedangkan tujuan kesimpulan adalah menyimpulkan teks dengan lancar. Kesimpulan yang bagus harus menarik dan memberi pembaca kesan yang baik tentang keseluruhan laporan seperti apakah tujuan penelitian atau proyek atau penjualan sudah tercapai.

 

Ini beberapa contoh kalimat yang dapat kamu gunakan dalam penulisan conclusion:

 

It can be concluded that…
The overall conclusion from the data shown…
It can be generally agreed based on the finding that…
Overall, the team feels that this project has been a major success.

 

Tahap 5 – Recommendation

 

Recommendation atau rekomendasi adalah dimana kamu mendiskusikan tindakan apa yang perlu diambil. Dalam bahasa Inggris yang sederhana, jelaskan rekomendasi kamu berdasarkan data-data yang sudah kamu laporkan. Sebaiknya kamu mengurutkan rekomendasi berdasarkan prioritas.

 

Ini beberapa contoh kalimat yang dapat kamu gunakan dalam penulisan recommendation:

 

We recommend a few alternative solutions…
We suggest that
The course of action that could be taken is…
The best recommendation would be to…

 

Ketika menulis laporan, first impression counts. Karena pentingnya kesan pertama, pastikan grammar dan spelling yang kamu gunakan benar. Apabila kamu butuh penyuntingan atau jasa proofread, silahkan contact kami di https://www.theimpact.id/#contact.

Selain cara penulisan yang baik dalam menggunakan bahasa inggris untuk menyusun laporan, berikut artikel – artikel yang berguna untuk menunjang karir dan bisnis kamu :

5 Langkah untuk mencintai pekerjaan anda
4 Cara Menjalin Komunikasi Yang Baik dengan Rekan Kerja dalam Bahasa Inggris
4 Langkah Memimpin Meeting dalam Bahasa Inggris

 

Source: https://grammar.yourdictionary.com/style-and-usage/report-writing-format.html